Selama Puasa Harga Bawang Putih Sampai Rp 50.000

Selama Puasa Harga Bawang Putih Sampai Rp 50.000

Daftarhargakomoditas.web.id – Di tengah upaya pemerintah untuk menekan kenaikan harga produk makanan, terutama bawang putih dengan membuka keran impor besar, harga bawang putih di beberapa daerah terus meningkat, antara lain di Blitar dan sekitarnya.

Harga bawang putih di pasar tradisional, Pasar Legi Blitar, Telah menyentuh harga Rp 50 ribu per kilogram. Harga tersebut merupakan yang tertinggi sejak mengalami kenaikan selama satu bulan terakhir.

Mujiyati, seorang pedagang bawang di Pasar Legi Blitar mengatakan, bahwa harga bawang putih tiba-tiba melompat hari ini menjadi Rp 50 ribu atau naik sekitar Rp 6 ribu dibandingkan harga sehari sebelumnya.

“Kemarin Senin saya masih bisa jual Rp 44 ribu hingga Rp 45 ribu per kilogram,” ujar Mujiyati.

Mujiyati mengatakan, kenaikan terjadi lantaran pasokan bawang putih dari distributor besar yang memasok bawang putih ke Pasar Legi volumenya terus menurun. Mujiyati mengatakan, harga tersebut sudah dua kali lipat dibanding harga bawang putih dalam posisi normal yaitu antara Rp 24 ribu hingga Rp 25 ribu. Berdasarkan pantauan di pasar tradisional lain di Kota Blitar, yaitu Pasar Pon, kenaikan harga yang sama juga terjadi pada bawang putih.

“Iya, naik drastis yang bawang putih. Stok di pemasok menipis,” ujar Sulistiyani, pedagang bawang di Pasar Pon.

Harga bahan pangan mengalami kenaikan di Blitar dan sekitarnya sejak sekitar sebulan lalu sebagai dampak dari kenaikan kebutuhan menjelang bulan puasa Ramadan. Kenaikan harga diawali oleh bawang merah dan bawang putih, kemudian daging ayam dan daging sapi. Namun dari pantauan Suara.com, harga bawang merah menunjukan tren stabil di angka Rp 34 ribu per kilogram. Harga tersebut turun sekitar Rp 5 ribu per kilogram setelah sebelumnya sempat mendekati harga Rp 40 ribu per kilogram. Akhir pekan lalu, Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia (BI) Kediri, Nasrullah mengatakan, kenaikan harga bawang merah, bawang putih, dan harga sayur mayur memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap kenaikan inflasi di daerah-daerah sekitar Kediri.

Baca juga : Di Madiun Turun Harga Bawang Putih

Adapun harga beberapa komoditas bahan pangan lain di Pasar Legi per Selasa yang mengalami kenaikan adalah daging ayam Rp 33.000 per kilogram dan daging sapi Rp 120.000 per kilogram.

Related posts