Perusahaan Batu bara sudah mulai menerapkan Asuransi Ganda

Perusahaan Batu bara sudah mulai menerapkan Asuransi Ganda

daftarhargakomoditas.web.id – Di informasikan beberapa perusahaan Batu bara sudah mulai menerapkan Asuransi Ganda untuk usahanya. Dikarenakan peraturan pemerintah (Permendag) Nomor 80 Tahun 2018 tentang Ketentuan Penggunaan Angkutan Laut dan Asuransi Nasional untuk Ekspor dan Impor Barang Tertentu.

Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI), Hendra Sinadia mengungkapkan, tak sedikit perusahaan batubara yang memilih untuk memakai asuransi ganda. Yakni masih menyesuaikan dengan skema Free on Board (FOB) sesuai dengan kontrak, serta dengan asuransi nasional untuk memenuhi kebijakan tersebut.

Sebabnya, saat ini pasar dan harga batubara berada dalam tren yang menurun. Sehingga, perusahaan tak mau mengambil resiko lebih besar untuk merenegosiasi kontrak karena dikhawatirkan akan semakin menekan harga.

“Dalam kondisi pasar tren harga turun, kendali di tangan pembeli. Kan buyer market, jadi sensitif untuk tawar menawar (renegosiasi kontrak), nanti ahrga diotak-atik lagi sama pembelinya” terang Hendra.

Asal tahu saja, selama ini ekspor batubara dilakukan dengan menggunakan skema FOB, dimana batubara diserahkan di titik jual atau titik serah yang sudah disepakati. Jika sudah berada di sana, maka batubara menjadi milik importir, sekaligus untuk memilih perusahaan jasa asuransi dan penyedia kapal.

Sementara, kewajiban untuk menggunakan angkutan laut nasional masih dalam tahap penyusunan petunjuk teknis dan rencana implementasinya adalah 1 Mei 2020.

Baca Juga :

Sebelumnya, terkait dengan penggunaan asuransi nasional, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Oke Nurwan mengatakan bahwa hal itu bisa dilakukan baik oleh eksportir maupun importir dengan menggunakan asuransi yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). “Sehingga bagi yang kontrak FOB maka tinggal menghubungi importir untuk menggunakan asuransi yang ada representatifnya di Indonesia.

Related posts