Izin Eksport Konsentrat Freeport Habis

izin eksport konsentrat freeport sudah habis

daftarhargakomoditas.web.id – ESDM (Kemenrtrian Enegi dan Sumber Daya Alam belum memberikan izin ekspor baru untuk PT Freeport Indonesia (PTFI). Padahal kesepakatan saham 51.23% saham di pegang PT Indonesia Asahan Aluminium (inalum) sudah habis di tanggal 15 februari 2019.

Vice President Corporate Communication PTFI Riza Pratama mengkonfirmasi hal tersebut. Hingga saat ini, kata Riza, pihaknya belum menerima Surat Persetujuan Eskpor (SPE) baru, kendati sudah mengajukan permohonan sebelum masa berlaku SPE itu habis.

Namun, saat ditanya berapa kuota ekspor yang diajukan PTFI pada tahun ini, Riza masih enggan untuk memberikan keterangan. “Belum dapat (SPE baru). Belum bisa saya konfirmasi (untuk besaran kuota yang diajukan)” kata Riza

Saat dikonfirmasi terpisah, Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral Kementerian ESDM Yunus Saefulhak mengungkapkan bahwa pihaknya masih mengevaluasi permohonan SPE dari PTFI. Menurut Yunus, tak menjadi soal apabila SPE yang baru belum diterbitkan meskipun SPE sebelumnya sudah kadaluarsa.

Yang terpenting, sambung Yunus, setelah izin rekomendasi ekspor habis, PTFI tidak boleh melakukan ekspor hingga rekomendasi yang baru diterbitkan. “Ya kan nggak harus pada saat tanggal 15 keluarnya. Yang paling penting setelah itu sampai nanti terbit yang baru tidak ada ekspor,” ujar Yunus.

Baca Juga :

Yunus menyebutkan, pada masa evaluasi ini, pihaknya masih memeriksa kelengkapan dokumen yang diajukan oleh PTFI. Ia pun tak bisa menjamin pasti kapan SPE ini akan terbit, karena itu harus memastikan kelengkapan dan kesesuaian dokumen yang dibutuhkan. “Kalau ada yang perlu dilengkapi, kita kasih kesempatan, kita kembalikan ke mereka. Belum tahu (kapan terbit), kita evaluasi dulu,” katanya

Related posts