Ekspor RI Masih Didominasi Perusahaan Luar

Ekspor RI Masih Didominasi Perusahaan Luar

daftarhargakomoditas.web.id Jokowi mengeluh Rakyat Indonesia melakukan Ekspor Dengan masih didominasi perusahaan luar atau swasta. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Ekspor RI Masih Didominasi Perusahaan Luar. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Ekspor RI Masih Didominasi Perusahaan Luar

Presiden Joko Widodo mengatakan, produk-produk dalam negeri yang berhasil diekspor masih didominasi oleh produk perusahaan-perusahaan besar. Atas dasar itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap ke depannya barang-barang produksi dari kalangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa membanjiri pasar ekspor. “Saya ngomong apa adanya. Kontribusi dalam ekspor masih didominasi oleh usaha-usaha (perusahaan) besar. Tapi (UMKM) enggak perlu berkecil hati,” ujar Kepala Negara saat membuka UMKM Export Brilianpreneur 2019 di JCC, Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Baca Juga : Ekspor Pisang Sulawesi Barat Ke Malaysia

Jokowi menambahkan, saat ini 85,6 persen produk dalam negeri yang diekspor merupakan hasil dari perusahaan-perusahaan besar. Sisanya, sekitar 14,4 persen produk yang dihasilkan para pelaku UMKM. Setelah melihat pameran Brilianpreneur 2019 ini, mantan Wali Kota Solo itu optimis produk UMKM bisa berbicara banyak di kancah global. “Tapi melihat produk yang dipamerkan saya optimis tidak lama lagi barang ini akan banjir pasar ekspor,” kata dia. Hanya saja, Jokowi menilai perlu adanya konsolidasi bersama semua kepentingan agar menciptakan pasar dan standar produk UMKM yang baik.

Hal ini dinilai sangat penting agar produk-produk UMKM Indonesua mampu bersaing dengan negara lain. Jokowi pun merasa kagum setelah berkeliling melihat produk hasil UMKM di acara Brilianpreneur 2019 ini. “Hari ini saya senang sekali, merasa bahagia sekali. Baru masuk tadi ditunjukkan produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM kita. Ada fashion, saya (rasa) desainnya enggak kayak dulu jadul-jadul. Sekarang udah sangat fashion sekali,” ucap dia.