Daging Kambing

Daging Kambing

Daging Kambing – Daging kambing adalah daging yang dihasilkan dari kambing (Capra aegagrus). Enam persen daging yang diperdagangkan di dunia adalah daging kambing, dan lebih dari 70 persen penduduk dunia memakan daging ini.Daging ini paling banyak dimakan di Afrika, Asia, Amerika Tengah, dan Amerika Latin, dan tidak jarang di Eropa.Kawasan yang paling banyak menggunakan daging kambing yaitu Afrika sub-sahara, Timur Tengah, India, Pakistan, Meksiko, dan Karibia.Di Meksiko, kambing yang masih muda (berusia di bawah satu tahun) disebut dengan Cabrito dan dagingnya banyak dikonsumsi di sana.

Kambing mengkonsumsi lebih sedikit pakan dibandingkan sapi pedaging. Satu are lahan penggembalaan dapat memelihara 10 kambing, dibandingkan dengan dua ekor sapi pada luas yang sama. Namun kambing hanya menghasilkan hingga 20 kg daging per ekor, lebih sedikit dibandingkan sapi dan babi sehingga tidak menguntungkan secara ekonomi jika diterapkan dalam industri daging modern.

Ciri Khas

Daging kambing umumnya memiliki rasa yang kuat namun hal ini amat tergantung bagaimana kambing tersebut dibesarkan.[5] Masakan karibia biasanya menggunakan daging kambing yang sudah tua dengan aroma yang lebih kuat. Daging bagian iga, loin, dan tenderloin cocok dimasak secara cepat, sedangkan bagian lainnya lebih cocok direbus dalam waktu lama.[8] Daging kambing memiliki lemak dan kolesterol yang lebih rendah dibandingkan daging domba dan daging sapi.

Harga Daging Kambing

Daging kambing memrupakan daging yang sangat sering di cari masyarakat , tingkat permintaan daging kambing atau sapi cukup meningkat di kala hari raya idul adha, menurut di web news peningkatan permintaan hewan qurban bukan hanya kambing namun hewan sapi pun meningkat hingga 50%.

Baca Juga :

Tembaga
Platinum

Biasanya penjualan pada daging berkisar 5 sampai 11 ekor namun di hari menjelang lebaran Idul Adha menjadi berkisar 16 ekor dan harga pun tak tanggung tanggu melonjak tinggi, sehingga bisa di katakan harga daging kambing di pasar tradisional maupun modern naik ketika menjelang bulan idul adha. untuk satu ekor kambing jantan yang sudah layak untuk di sembelih ber umur 2 tahun di bandrol seharga 1.000.000 sampai 2.000.000 per ekor, harga tersebut biasanya tergantung pada fisik dari kambing . dan untuk hewan sapi jantan dibanrol harga berkisar 12.500.000 sampai 15.000.000 per ekor, jenis sapi dan warna sapi sangat berpengaruh dari harga jual beli daging sapi . jika kita sudah mengerti pasaran kambing anda harus pintar- pintar menawar nya.

Hewan kurban murah bisa anda rasakan di bulan bulan tertentu , dan bisa anda dapatkan di kampung kampung peternak hewan kurban .

Sebagai informasi untuk anda yang ingin beraqiqoh untuk anak kesayanganya, untuk daging kambing 1 kg nya jika di buat sate bisa menjadi 150-200 tusuk. harga daging kambing per kilo bisa mencapai Rp 80.000 di jawa timur , namun untuk jenis kambing mayestik di bandrol berkisar 125.000.

Related posts