Daging Domba

Daging Domba

Daging Domba – Daging domba adalah daging yang dihasilkan dari domba yang diternakkan (spesies Ovis aries). Istilah lamb merujuk kepada daging domba muda yang belum berusia satu tahun, yang merupakan jenis daging domba yang paling terkenal.Sementara istilah hogget merujuk pada daging domba muda diatas 1 tahun, sedangkan istilah mutton merujuk pada daging domba dewasa yang berusia diatas 2 tahun.

Daging domba muda merupakan domba yang disembelih ketika berusia antara satu bulan hingga satu tahun, dengan berat karkas antara 5.5 hingga 30 kilogram. Daging satu ekor sapi setara dengan daging lima ekor domba. Daging ini umumnya lebih lunak dibandingkan daging domba yang lebih tua, dan umum terdapat di menu masakan negara barat. Daging domba tua dan setengah tua memiliki rasa yang lebih kuat karena mengandung asam lemak yang spesifik terdapat pada domba.Daging domba semakin tua akan semakin alot karena jaringan penghubung yang semakin matang sehingga lebih pantas dimasak ala Casserole, dicincang, atau disemur.

Baca Juga :

Minyak Bumi
Gas Alam

Potongan tubuh domba yang dapat dijadikan masakan umumnya sama dengan hewan memamah biak lainnya, yang terdiri dari potongan daging dari bagian kaki, leher, perut, punggung, dan iga. Lidah domba juga dimanfaatkan di negara timur tengah untuk masakan rebusan.Di negara maju, organ dalam domba (jeroan) biasanya diolah kembali untuk dijadikan pupuk, bahan bakar, campuran makanan hewan peliharaan, dan diekspor ke negara miskin dan berkembang; tidak terlalu sering dijadikan masakan. Irisan tipis daging domba dapat diolah menjadi macon, pengganti bacon.

Harga Daging Domba

Daging kambing memrupakan daging yang sangat sering di cari masyarakat , tingkat permintaan daging kambing atau sapi cukup meningkat di kala hari raya idul adha, menurut di web news peningkatan permintaan hewan qurban bukan hanya kambing namun hewan sapi pun meningkat hingga 50%.

Biasanya penjualan pada daging berkisar 5 sampai 11 ekor namun di hari menjelang lebaran Idul Adha menjadi berkisar 16 ekor dan harga pun tak tanggung tanggu melonjak tinggi, sehingga bisa di katakan harga daging kambing di pasar tradisional maupun modern naik ketika menjelang bulan idul adha. untuk satu ekor kambing jantan yang sudah layak untuk di sembelih ber umur 2 tahun di bandrol seharga 1.000.000 sampai 2.000.000 per ekor, harga tersebut biasanya tergantung pada fisik dari kambing . dan untuk hewan sapi jantan dibanrol harga berkisar 12.500.000 sampai 15.000.000 per ekor, jenis sapi dan warna sapi sangat berpengaruh dari harga jual beli daging sapi . jika kita sudah mengerti pasaran kambing anda harus pintar- pintar menawar nya.

Hewan kurban murah bisa anda rasakan di bulan bulan tertentu , dan bisa anda dapatkan di kampung kampung peternak hewan kurban .

Sebagai informasi untuk anda yang ingin beraqiqoh untuk anak kesayanganya, untuk daging kambing 1 kg nya jika di buat sate bisa menjadi 150-200 tusuk. harga daging kambing per kilo bisa mencapai Rp 80.000 di jawa timur , namun untuk jenis kambing mayestik di bandrol berkisar 125.000.

Selain untuk sate , daging kambis bsa di masak dengan berbagai masakan yang lezat, seperti gulai, opor , rawon dan lai lain beberapa dan dagingya mengandung lemak yang sangat baanyak.

Related posts